SpongeBob SquarePants

Rabu, 03 September 2014

Proposal Bisnis (Multimedia Digital Imaging)


PROPOSAL BISNIS
MULTIMEDIA DIGITAL IMAGING





Oleh   : Mega Sri Wahyuni
NIS    : 12-4140










BAB I
PENDAHULUAN

A.    PENDAHULUAN
Dunia disain saat ini benar-benar suatu factor penting di zaman globalisasi saat ini. Baik disain foto,video shooting,dan lain sebagainya.Dunia desain seperti ini masih jarang sekali peminatnya. Hal tersebutdikarenakan pendidikan dan ketrampilan desain yang mahal biayanya dan orang yang ingin menggeluti bidang ini harus ulet dan teliti.
Faktor inilah yang menginspirasi saya untuk mencoba membuka usaha foto digital. Usaha ini pasti akan memudahkan para konsumenyang membutuhkan jasa desain plus cetak foto seperti ini. Disamping itu usaha ini akan membuka lapangan kerja pula.
Saya yakin prospek usaha saya akan berhasil. Kenapa? Karena peluang pasar yang sangat besar dan pesaing bisnis ini masih sangat jarang. Factor tersebutlah yang menyebabkan saya percaya diri untuk mendirikan usaha jasa digital imaging ini.

B.     LATAR BELAKANG
Peluang usaha jasa foto digital yang masih sangat besar dengan hasil yang boleh dibilang sangat menjanjikan. Bisnis ini juga sangat sesuai dengan perkembangan teknologi informatika, multimedia dan arus globalisasi yang semakin lama semakin maju.
Disini saya ingin membangun usaha jasa digital imaging di wilayah desa Bumijawa. Sekaligus memperkenalkan, memfasilitasi dan yang paling utama untuk mempermudah konsumen untuk menggunakan jasa desain foto biar lebih terjangkau. Tak lepas juga, usaha ini akan mencarikonsumen diluar desa Bumijawa dengan melalui promosi yang akan dilakukan. Adapun fasilitas yang kami tawarkan dalam usaha jasa digital imaging ini antara lain:
1.      Jasa foto
2.      Disain dan cetak foto
3.      Vidio shooting
4.      Disain undangan
5.      Jasa printing
6.      Burning CD
Dari ke-6 fasilitas yang akan kami tawarkan semoga dapat bermanfaat dan dapat mempermudah konsumen. Dan kami akan melayani dengan sebaik-baiknya.

C.     TUJUAN DAN MANFAAT BISNIS
1.      Tujuan
Selain untuk membuka lapangan kerja dan membantu mengurangi pengangguran, usaha yang saya dirikan nantinya diharapkan juga dapat mempermudah konsumen. Usaha saya juga berusaha untuk selalu mengexsistansikan desain sebagai perkembangan multimedia yang semakin lama semakin modern. Saya juga ingin menunjukan bahwa usaha dibidang multimedia itu juga sangat menjanjikan.
2.      Manfaat
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran berprestasi yang belum juga mendapat pekerjaan, dan juga membantu pemerintah dalam membrantas kemiskinan serta kebodohan terutama dalam bidang multimedia.
BAB II
BUSINESS SUMMARY

A.    Profil Usaha
Nama Usaha          : MULTIMEDIA DIGITAL IMAGING
Jenis Usaha            : Digital Imaging
Alamat Usaha        : Jl. Raya Bumijawa (Pasar Bumijawa)
Blog                       : diarysimey.blogspot.com
B.     Kepemilikan Usaha
Nama Pemilik           : 1. Mega Sri Wahyuni
Alamat Pemilik        : Desa jejeg Kec. Bumijawa, Tegal
C.     Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana dari Bank sebagai tambahan awal modal saya dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat surat izin usahanya.






D.    Surat Permohonan Pinjaman Ke Bank
Tegal, 16 Oktober 2014
Kepada Yth,
Bank BCA
Cab. Slawi
Di Tempat

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya kirimkan proposal studi kelayakan bisnis dalam bidang usaha Digital Imaging. Usaha ini merupakan usaha pertama kami.
Besarnya investasi pembangunan usaha ini adalah Rp.21.280.000,00 (dua puluh satu juta dua ratus delapan puluh ribu rupiah). Sedangkan modal saya saat ini sebesar Rp 9.150.000, maka kekurangan dana investasi sebesar Rp 12.130.000 (dua belas juta seratus tiga puluh ribu rupiah) saya mengharapkan dapat bantuan kredit investasi dari Bank.
Demikianlah surat permohonan ini besar harapan kami mendapat dukungan dan dari bank yang Bapak/Ibu pimpin.
Terima kasih atas perhatiannya.



Hormat Saya,


(Pemohon)

E.     Surat Permohonan Izin Usaha
Multimedia Digital Imaging
Jl. Raya Bumijawa (Pasar Bumijawa)

Tegal, 16 Oktober 2014
Nomer             : 378/IU/X/2014                                                         
Lampiran         : -
Perihal             : Surat Permohonan Izin Usaha

Yth.
Bapak Camat
Jalan Kenanga No.1
Bumijawa

Dengan hormat,
Saya memberitahukan kepada Bapak bahwa kami sedang membuat usaha digital imaging yang diberi nama “Multimedia Digital Imaging”. Semoga dengan didirikan usaha ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
Oleh karena itu, Saya mohon diberikan izin untuk dapat mendirikan dan mengembangkan usaha kami. Saya harap hal ini mendapat perhatian Bapak.
Atas perhatian dan perizinan yang diberikan Bapak kami ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,


(Pemohon)

BAB III
PRODUK

A.    Gambaran Produk
Produk saya berbeda dari produk yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan produk multimedia. Saya tidak hanya menjual produk biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni desain. Tidak hanya mendesain, saya juga menyediakan berbagai produk lainnya. Saya harap dengan ide dan inovasi kami dalam menjual produk multimedia, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.
B.     Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan produk kami agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu terjun di usaha ini dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli produk mereka.
C.     Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, saya akan menjual roti bakar ditempat yang strategis, yakni di Pasar Bumijawa  yang merupakan salah satu tempat yang strategis di Bumijawa. Dalam menjual produk, saya akan terjun langsung dalam melayani para pembeli karena saya tidak ingin menggunakan jasa karyawan pada tahap awal ini. Saya ingin melihat langsung bagaimana respon para pembeli dalam melihat produk saya. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan roti bakar saya dapat berjalan dengan sukses.




















BAB IV
ANALISI SWOT

A.    ANALISA KELAYAKAN BERDASARKAN ANALISA SWOT SERTA SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING.
1.      Analisa SWOT (Strength, Weaknes, Oportunity dan Threat)
a)      Strength
Banyaknya wirausahawan yang belum tahu tentang peluang ini, jelas itu salah satu peluang utama saya, serta minat yang tinggi dari para konsumen.
b)      Weakness
Kelemahan utama adalah dalam mencari karyawan yang tentu nya paham tentang multimedia.
c)      Opportunity
Minat yang sangat besar dari para konsumen untuk menggunakan jasa desain digital imaging.
d)     Threat
Ancaman terbesar adalah munculnya para pesaing setelah usahaini berjalan.
2.      STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning)
a.       Segmentasi
Untuk sementara hanya membuka usaha jasa foto, desain dan cetak foto, video shooting, desain undangan, jasa printing dan burning CD. Dan kedepannya kalau usaha ini berjalan dengan lancar, saya juga akan berusaha membuka pembuatan pamflet, sepanduk, dan sablon t-shirt dan mug.
b.      Targeting
1)      Desain undangan, Video shooting dan foto album hajatan (pernikahan, khitanan, pengajian dll)
2)      Foto ijazah (SD, SMP , SMA, Mahasiswa, dll)
3)      Dan tentunya semua kalangan
c.       Positioning
Saya akan membuka Usaha Digital Imaging tersebut di ruko yang terletak Pasar desa Bumijawa. Selain tempatnya yang strategis, juga dekat sekolah dan dekat pula dengan pemukiman warga. Jadi akses kerjanya lebih mudah.












BAB V
PERENCANAAN KEUNGAN

A.    RENCANA ANGGARAN BISNIS
1.      Tempat
Sewa kios di pasar bumijawa selama 2 th. Sebesar : Rp.6.000.000
2.      Perlengkapan Pokok
a)      Komputer (2 unite)                                 : Rp.    9.000.000
b)      Printer (3 unite)                                      : Rp.    1.500.000
c)      Digital Camera Shooter (1 buah)            : Rp.    1.800.000
d)     Handicamp (1 buah)                               : Rp.    2.500.000
e)      Lighting Lamp (2 unite)                         : Rp.    1.000.000
f)       Lemari Kaca (1 unite)                             : Rp.      800.000
g)      Meja (2 buah)                                         : Rp.      200.000
h)      Kursi (9 buah)                                         : Rp.     100.000
Jumlah                                                    : Rp.16.900.000


3.      Perlengkapan Skunder
a)      Kertas Foto (6 pac)                                 : Rp.1.200.000
b)      Kertas HVS/A4 (6 pac)                          : Rp.   300.000
c)      CD Blank (3 cop)                                   : Rp.   180.000
d)     Kertas Kuarto (2 pac)                             : Rp.   200.000
Jumlah                                                    : Rp.1.880.000
4.      Gaji pegawai
a)      Pegawai 1/bln                                         : Rp.   400.000
b)      Pegawai 2 /bln                                        : Rp.   400.000
c)      Pegawai 3 /bln                                        : Rp.   400.000
Jumlah                                                    : Rp.1.200.000
5.      Promosi
a)      Pampflet                                                 : Rp. 300.000
b)      Brosur                                                     : Rp.100.000
c)      Poster                                                      : Rp. 300.000
Jumlah                                                    : Rp. 600.000
6.      Perijinan
a)      SITU                                                       : Rp 50.000
b)      SIUP                                                       : Rp150.000
c)      NPWP                                                    : Rp.500.000
Jumlah                                                    : Rp. 700.000
Kesimpulan : Jadi menurut penghitungan analisa yang saya buat, kurang lebih untuk modal awal yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 21.280.000,00.




BAB VI
PENUTUP

Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tidak lupa saya mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan proposal bisnis saya. Dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal saya dalam memulai usaha ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, saya berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah saya rencanakan ini.
Segala saran dan kritik saya harapkan dari semua pihak karena kami menyadari bahwa proposal saya masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi pelajaran bagi saya semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


                                                                                Tegal, 16 Oktober 2014


                                                                                       
                                                                                       (Mega Sri Wahyuni)
                                                                               


0 komentar: