SpongeBob SquarePants

Sabtu, 20 September 2014

Slow Speed Photography

Apa itu slow speed photography ? Sulit untuk dijelaskan dalam kata - kata, namun pada singkatnya slow speed photography adalah foto yang pengambilan gambarnya memerlukan waktu selama beberapa detik. Dalam slow speed photography, misalnya kita menggunakan waktu selama 5 detik, maka data selama 5 detik itu digabungkan kedalam sebuah foto. Dan benda - benda gelap tidak dapat terrekam. Sebaliknya, benda - benda terang benar - benar terekam jelas pada foto - foto slow speed.

Lalu bagaimana cara membuat gambar seperti itu ?
- Tripod, meja, tralis, atau benda - benda lain yang dapat menghentikan pergerakan kamera sangat dibutuhkan untuk memotret slow speed photography yang stabil seperti gambar dibawah ini :



Photo  by Mega Sri Wahyuni
Model                       : Nia Ambar Safitri
Lighting                     : Inayatun Ilahiyah
Lokasi                       : Lab MM 3, SMKN 2 ADIWERNA
Tanggal Pemotretan   : 15 September 2014


Keterangan Kamera
Camera                    :Nikon D60
Shoot size                 : 2896 x 1944 pixel
S. speed                   : 5 sec
Diafragma                 : f/16
ISO                          : 200
Focal Length             : 34 mm

(FOTO DI ATAS MURNI TANPA EDITING. DIBAWAH BIMBINGAN Pak Alfian Fauzi dan Pak Miftahul Fauzi DALAM PELAJARAN KK15)

- Langkah selanjutnya adalah untuk merubah kamera ke manual exposure atau mode M. Abaikan segala instruksi metering dari kamera. Setlah ISO ke 100 dan shutter speed lebih lama dari 2 detik. Diafragma cukup menyesuaikan saja agar foto tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

- Bila kamera anda tidak memiliki mode manual exposure, slow speed photography dapat dibuat dengan cara memasukkan kamera ke mode kembang api / firework. Setelah itu, naikkan exposure compensation (EV) ke arah plus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya naikkan EV menjadi +2.

0 komentar: