SpongeBob SquarePants

Sabtu, 21 Maret 2020

Cara Menghilangkan Jamur pada Tas Kulit dengan Cuka

Assalamu'alaikum teman-teman..

Jadi... sebenarnya aku emang lagi nunggu waktu yang pas buat bersihin tas kulit aku yang udah lama disimpan dan jarang banget dipakai.
Kebetulan banget hari ini cerah, biasanya tuh mendung.. jarangggg banget deh matahari nongol. Jemur baju aja sampe ga kering-kering ampunnnnn dah (haha jadi curhat)

Oke, kembali ke topik yaa..
Sebelumnya aku udah pernah bersihin tas aku, tapi lagi-lagi tuh jamur balik lagi. Entah karna aku ga bisa cara ngerawatnya atau karna memang suhu udara yang lembab (aku tinggal di daerah pegunungan). Apalagi kalau cuma dilap dan pakai air, jamurnya malah membekas warna putih putih gitu.
Sedih banget rasanya, sampai akhirnya aku googling dan nemu salah satu artikel yang ngasih tau kalau cairan cuka bisa menghilangkan jamur di tas kulit. Langsung aja tanpa fikir panjang aku langsung beli cuka.
Dan bener lho.... jamur itu hilang dan ngga balik lagi!!!!
Yaaah walau setau aku, cuka bisa menyebabkan tas kulit tsb rusak dan kehilangan warna aslinya (pudar) Tapi gapapalah.. dari pada tasnya ga aku pake sama sekali karna jamuran😂

Ini foto sebelum aku bersihin:


setelah aku bersihin, aku simpen dilemari selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Jamur itu ga tumbuh lagi. Aaaahh senengnyaaaaaaaaa
After:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:
1. Cuka
2. Air bersih
3. Gosok gigi
4. Wadah
5. Kain kering

Caranya:

  1. Campurkan cuka dengan air bersih. Dengan perbandingan 7:3
  2. Celupkan gosok gigi kedalam wadah berisi air campuran tsb, lalu gosokan pada bagian tas yang berjamur secara lembut
  3. Lap dengan kain kering
  4. Jemur dibawah sinar matahari



Tips dari aku, jangan sering-sering gunain cuka ya. Karna memang benar, setelah aku gosok-gosok pakai cuka pada saat pembersihan jamur itu kulit tas aku jadi rapuh banget, mudah ngelupas.

Ohya, kita harus tau dulu yaaa bahan dasar tas tersebut. Jangan sembarang pakai cuka, karna memang tas yang aku pakai hanya tas kulit biasa, dengan kisar harga 150-300 rb an saja. Beda bahan, beda perawatan juga yaa teman-teman.
          Semoga bermanfaat🙏

0 komentar: